LOGO satpolpp
Beranda > Berita > Pengamanan Perang Topat 2023
Berita Utama

PENGAMANAN PERANG TOPAT 2023

Posting oleh satpolpplobar - 28 Nov. 2023 - Dilihat 394 kali

Senin, 27 November 2023. Anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kab. Lombok Barat melaksanakan Pengamanan dalam acara Perang Topat dan Pujawali Pura Lingsar. 

Dalam kegiatan ini hadir Pj. Gubernur NTB beserta Istri, Bupati Lombok Barat, Direktur Even Daerah Kemenparekraf, Ketua DPRD Lobar, Forkopimda Provinsi NTB, Forkopimda Kabupaten Lombok Barat,  Camat, serta masyarakat dan wisatawan.

Perang Topat adalah Tradisi turun temurun yang selalu dilaksanakan setiap tahun oleh masyarakat sasak yang beragama hindu dan islam sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang melimpah sekaligus bagian dari upacara pujawali pura lingsar. Acara ini diselenggarakan di Pura Lingsar, Kec. Lingsar, Kabupaten Lombok Barat. Acara ini adalah salah satu wujud toleransi antar umat beragama di pulau Lombok. Event Perang Topat sendiri telah masuk kedalam Event Pariwisata tahunan Kabupaten Lombok Barat, sehingga acara ini mampu menyedot ribuan masyarakat ataupun wisatawan untuk hadir menyaksikan sejak pagi hingga sore hari.

Sekitar 60 anggota Pol PP Lombok Barat terlibat dalam pengamanan ini. Selain itu ada pula Personil Kepolisian, TNI, hingga Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Barat.


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *